Cara Orang Palu Memasak Sayur Kelor

Posted by

aginamo - sayur kelor
Untuk memasak sayur Kelor versi orang Palu, cukup dengan resep sederhana. Meski resep dan cara memasaknya sangat sederhana, jika tidak melalui proses yang benar, jangan harap kita dapatkan Uta Kelo segar, harum dan nikmat, utamanya pada proses memasukkan santan kepala.

Biasanya Uta Kelo diolah dengan berbagai campuran, seperti ubi kayu (kasubi), Terong (Palola) serta pisang kepok muda, kemudian dicampur dengan sedikit udang kering atau ebi (lamale) sebagai pengharum.

Dimana kesederhanaan bumbu  Uta Kelo khas lembah Palu ini? Soal bumbu, karena yang dibutuhkan hanya garam, bawang merah sedikit, sedikit cabai (diutamakan yang belum masak/hijau), penyedap rasa (jika mau).

Di daerah ini ada satu jenis cabai yang tumbuh di kawasan pegunungan Kota Palu, ukurannya sangat kecil warnanya hijau, tapi dengan rasa pedas yang lebih dibandingkan dengan yang lainnya, rasanya lebih harum dan gurih.

Seperti umumnya masakan khas daerah ini lainnya, Uta Kelo tidak membutuhkan bawang putih dan cabai secara berlebihan. Karena jika menggunakan bawang-putih dan pedas yang terlalu, justru akan menghilangkan harum aroma asli daun kelor.

Untuk lauk sebagai pendamping Uta Kelo, bisa ikan asin goreng/panggang yang ditumbuk kemudian disiram minyak kelapa atau minyak yang dibuat melalui proses tradisional yang telah dicampu dengan cabai hijau.

Bisa juga disandingkan dengan aneka jenis ikan laut bakar, atau juga saus duwo. Konon di daerah Tuban – Jawa Timur, duwo disebut dengan ulat laut.

Nah berikut bahan dan cara memasak Uta Kelo.

Bahan :

Daun kelor muda yang telah di pisah dari tangkai daunnya (15 tangkai kelor)
500 cc santan dari 2 buah kelapa
150 cc santan kental
8 buah pisang kepok muda diiris, atau 5 buah terung ungu diiris
20 buah cabe rawit hijau (dihaluskan)
Ebi kering segenggam  (lamale ngau)
Penyedap rasa
Garam secukupnya

Pelengkap :

Nasi Jagung
Ubi Rebus

Cara Memasak :

Santan dan cabe rawit dimasak hingga mendidih, kemudian masukkan garam, vitsin, ebi dan pisang kepok/terong, bila sudah mendidih & pisang telah empuk, masukkan daun kelor.
 Aduk hingga merata, bila daun terlihat lemas dan matang, masukkan santan kental.
tunggu sebentar, sayur siap diangkat dan disajikan.

Disantap Bersama nasi jagung atau ubi rebus.
Inilah cara memasak sayur Kelor versi orang Palu, Sulawesi Tengah. Sebab, dibeberapa daerah lain di Indonesia, juga ada yang cukup menggemari sayur kelor, namun dengan resep yang tentunya berbeda.  Karena kebanyakan daerah lain di Indonesia memasak sayur kelor dengan bening.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Aginamo Updated at: 04:21:00

1 komentar:

  1. Anonymous00:57

    Wah bagus ya
    untuk membantu bagi Anda yang ingin merasakan khasiat daun kelor namun sulit mendapatkannya di daerah Anda, kami jual kapsul moringa / kapsul kelor.
    KLIK jual daun kelor

    Atau langsung 0813-80-262524 (Ryan) SMS/WhatsApp/Telegram/Line

    ReplyDelete

Silahkan

Hosting Indonesia

Arsip Blog

Powered by Blogger.